Minggu, 26 September 2010

Tips Belajar Efektif Dan Efisien

Belajar merupakan proses kontinu/berkesinambungan yang merupakan kombinasi antara menguasi sesuatu yang baru, menggunakan sesuatu yang sudah dikuasai, dan mengajarkan sesuatu yang sudah duasai pada orang lain. Agar proses belajar Anda tidak menjadi sia-sia atau belajar sesaat kemudian hilang sesaat juga, maka Anda harus memastikan apakah cara belajar Anda sudah efektif atau belum.

Berikut adalah beberapa tips belajar efektif dan efisian yang bisa Anda coba guna pencapaian hasil belajar yang efektif dan efisien juga atas apa yang telah anda pelajari.

Mood ( suasana hati )
Upayakan untuk selalu menciptakan suasana hati yang positif untuk belajar. Caranya dengan menentukan waktu, lingkungan dan sikap belajar dengan pribadi Anda

Pemahaman
Tandai informasi bahan pelajaran yang belum Anda mengerti dalam satu unit,fokuskan pada unit tersebut atau melakukan beberapa kelompok latihan untuk unit tersebut.
Pengulangan
Setelah belajar satu unit, berhentilah dan ulangi bahan dari unit tersebut dengan kata-kata yang Anda buat.

Penelaahan
Kembalilah pada unit yang tidak Anda mengerti dan pelajari kembali keterangan yang ada. Cari informasi yang terkait pada artikel, buku teks atau sumber lainnya atau bisa juga diskusikan dengan teman atau keluarga Anda.

Belajar Bersama Orang Lain
Cara termudah untuk belajar sesungguhnya apabila kita melakukannya bersama-sama. Ini hampir selalu efektif bagi setiap orang, apapun karakter belajar yang dimilikinya. Selain itu, belajar juga menjadi terasa lebih menyenangkan dan ringan, bila dilakukan secara bersama-sama.

Bermain dengan kata
Kita bis memulai mengajak seorang teman, yang senang bermain dengan bahasa, seperti bercerita dan membaca serta menulis. Cara belajar seperti ini sangat menyenangkan karena bisa membantu kita mengingat nama, tempat, tanggal, dan hal-hal lainnya dengan cara mendengar kemudian

Bermain dengan gambar
Jika Anda tipe orang yang lebih suka belajar dengan membuat gambar, merancang gambar, melihat gambar dan yang lainnya, seperti slide ataupun film. Biasanya orang yang memiliki kegemaran seperti ini biasa memiliki kepekaan tertentu dalam menangkap gambar atau warna, peka dalam membuat perubahan. Jika Anda termasuk dalam kelompok ini, tak salah bila Anda mencoba mengikutinya.

Bermain dengan pertanyaan
Bagi sebagian orang, belajar makin efektif dan bermanfaat bila dilakukan dengan cara bermain dengan pertanyaan.

Review ( mempelajari kembali )
Pelajari kembali materi pembelajaran yang sudah dipelajari. Ingatlah setrategi yang telah membatu Anda mengerti atau mengingat informasi. Terapkan strategi tersebut untuk cara belajar berikutnya.

Tulis, tulis dan tulis
Otak kita terbatas kapasitasnya dan mudah sekali lupa, jadi lebih baik kita menulisnya. Tulisan itu tidak perlu rapi sekali asalkan jelas. Dengan menulis, kita bisa lebih memahami dan suatu saat kita lupa, kita tinggal membacanya.

Tanya, tanya dan tanya..
Komunikasi dan interaksi adalah kunci pembelajaran dan penyebaran ilmu, jadi jangan lupa untuk bertanya yah.

Baca baca dan baca
Banyak sekali pengetahuan yang sudah tertulis dibuku/paper dan kita tinggal membaca. Ini akan lebih meningkatkan khsanah kita.

Demikian beberapa tips belajar efektif dan efisien yang dapat Anda coba.

3 komentar

anynomous

mantaaaaaaaaaaaaaap

AkaneD'SiLa

thx artikelnyasangat membantuku untuk membuat pidato tentang tips belajar untuk menghadapi UN dan SNMPTN
thx so
:D

Anonim

mantep kang

Posting Komentar